Topik:
Walaupun sekarang ini sudah jarang sekali drama-drama Asia menghiasi layar kaca televisi kita, namun para penggemarnya masih tetap setia. Tentunya langsung terbayang dibenak kita mengenai drama-drama Asia yang dahulu begitu booming yang menghiasi layar kaca kita, seperti Meteor Garden, Full House, Dae Jang Geum, dan One Littre of Tears.

Pikiran kita langsung membayangkan bagaimana tegarnya San Chai menghadapi kelakuan Dao Ming Shi beserta geng F4nya, juga langsung cengar cengir jika kita juga mengingat kisah cinta pada drama Full House yang bercerita mengenai kisah cinta Lee Young Jae dan Han Ji Eun. Dan menjadi lebih semangat saat mengingat kisah  Dae Jang Geum ( Jewel In The Palace).  Kita juga akan menangis sedih ketika mengingat drama yang berasal dari kisah nyata, mengenai perjuangan Aya seorang gadis berusia 15 tahun, berusaha dengan kerasnya melawan penyakit spinocerebellar degeneration, yang dideritanya dalam drama yang bertajuk One Litre of Tears.

Drama-drama Asia yang disuguhkan memang sangat mengena dihati, dan begitu mengharu biru, plus uniknya drama-drama tersebut mampu membuat para pemirsa makin tergila-gila dengan segala hal yang berbau Asia. Tak ketinggalan pula para bintangnya mendadak dikenal, otomatis euforia dari para penggemar drama Asia di Indonesia mendorong untuk ingin lebih jauh lagi mengetahui berita mengenai para bintang Asia tersebut. Maka menjamurlah majalah dan tabloid yang memuat semua berita para bintang tersebut. Sampai-sampai mendatangkan para bintang pujaan mereka kesini.

Drama-drama Asia tersebut juga selalu membawa budaya mereka, tentunya lebih dekat dengan budaya Indonesia dan lebih mudah diterima oleh kita, jika dibandingkan dengan budaya dunia Barat.   Seperti yang dikatakan oleh Rob Wilson dalam bukunya “Korean Cinema On The Road to Globalization: tracking global/local dynamics, or why I’m Kwon-Taek is not Ang Lee” pada tahun 2001. Bahwa Asia adalah juga pengirim pesan kebudayaan (a sending culture) yang dalam kasus ini lebih diperhatikan daripada Amerika Serikat atau negara barat lain.

Salah satu drama yang mengangkat tema budaya tradisional adalah Jewel in The Palace yang bersetting  zaman dinasti Joseon (Chosun) sekitar abad ke-16. Selain mengisahkan kisah cinta Jang Geum juga bercerita mengenai perjuangannya dari menjadi koki istana sampai menjadi seorang tabib yang pertama ada di dinasti kerajaan Joseon. Drama Hwang Ji Ni yang mengisahkan kehidupan para Geisha Korea (Gisaeng) atau wanita penghibur (pemusik, penyair atau pekerja seni menyanyi dan menari),  diselingi kisah cinta yang tidak boleh dijalani oleh para Gisaeng. Sampai kisah tradisional modern yang berkisah mengenai keluarga kerajaan Korea di jaman sekarang seperti dalam drama Princess Hour, yang dikemas begitu apiknya.

Dengan jalan cerita yang begitu kuat serta angle-angle yang bagus  membuat banyak orang makin jatuh cinta, masing-masing drama dari setiap negara-negara tersebut memiliki ciri khas yang kuat.  Film Jepang yang rata-rata mengusung cerita mengenai suatu profesi, yaitu bagaimana para tokohnya begitu memperjuangkan dan begitu loyal terhadap profesinya, seperti dalam drama serial seperti Anchor Woman, Beatiful Life, Great Teacher Onizuka dll. Drama Korea dengan kisah cintanya yang begitu mengharu biru seperti Endless Love, Stairway to Heaven, Memories in Bali.  Serta drama-drama Mandarin yang selalu mengusung cerita yang ceria, unik yang disertai humor-humor segar seperti Putri Huan Zhu, Romantic Princess, Magician Love, Frog Prince.

Seperti dalam lirik lagu David Tao yang berjudul Gong Bao Ji Ding ( Kung Pao Chicken)  dalam salah satu syairnya terdapat kata- kata  Ai Jiu Xiang Shi Gong Bao Ji Ding, ( cinta itu bagaikan Kung Pao Chicken).  Kung Pao Chicken, merupakan  nama masakan tradisonal China yang rasanya campur aduk ada pedas, asem, manis dan asin. Benar-benar pas kalau drama Asia diibaratkan seperti Kung Pao Chicken.
Walaupun sekarang memang sudah jarang tayang di stasiun-stasiun TV kita, namun para penggemarnya masih tetap bisa menikmati drama dan film-film Asia dengan cara membeli DVD yang bisa didapatkan salah satunya disebuah toko yang bernama My Idol Shop Gajah Mada Plaza  yang terletak di lantai satu. Pokoknya dijamin lengkap dan yang pasti bukan bajakan.
Tetapi ternyata salah satu stasiun TV kita juga sekarang sedang mengulang film yang sangat booming yaitu Meteor Garden, bahkan dalam waktu dekat ini juga akan hadir serial Mandarin yang dilakoni bintang berbakat dan juga penyanyi terkenal Rainie Yang, Mike He, King One.

Nah, berikut beberapa referensi drama-drama baru dan juga drama yang patut ditonton yang bisa menjadi rekomendasi bagi yang penasaran dengan drama Asia. Dari Mandarin ada Romantic Princess, Hanakimi, Hot Shot yang diperankan 3 bintang tenar asal Taiwan (Jerry Yan, Alan Luo dan Wu Chun).  Sedangkan dari Korea ada Boys Before Flower versi koreanya Meteor Garden atau Hana Yori Dango,Cinderella Man drama, Good Job, dan Queen of Housewives, Cofee Prince. Dan  dari Jepang ada Nodame Cantabile, Arifureta Kiseki, Death Note dan masih banyak lagi deh. Selamat menonton.